Jenis Digital Marketing
Digital marketing adalah salah satu strategi pemasaran/marketing yang akhir-akhir ini populer dikalangan pebisnis. Digital marketing juga dapat dikatakan sebagai sebuah usaha yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dengan menggunakan media digital agar merek mereka lebih dikenal ke khalayak luas. Akhir-akhir ini, dengan perkembangan digital yang sangat pesat membuat banyak perusahaan memanfaatkan media digital sebagai sarana promosi mereka. Jika Anda masih bingung memilih teknik digital marketing yang cocok untuk bisnis Anda, berikut adalah 5 teknik digital marketing yang banyak digunakan.
1. Search Engine Marketing
Teknik pertama yang dapat Anda gunakan adalah dengan mengoptimalkan Search Engine Marketing untuk website yang Anda miliki. Salah satunya adalah dengan manggunakan keyword yang sesuai dengan produk Anda. Search Engine Marketing juga dapat meningkatkan traffic website karena dapat memungkinkan website Anda muncul di halaman pertama mesin pencari. Ada dua kategori Search Engine Marketing yang pertama adalah kategori organik, atau yang biasa disebut SEO, yaitu relatif lebih murah, bahkan dapat dilakukan sendiri gratis, namun memerlukan waktu yang lama. Yang kedua adalah Search Engine Marketing yang berbayar.
2. Social Media Marketing
Sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak sekali pengguna internet di masa sekarang, terutama mereka yang berkecimpung di media sosial. Dengan memasarkan produk Anda di media sosial, Anda akan dengan mudah mendapatkan lebih banyak pembeli dan dengan muda mengiklankan produk Anda. Anda tidak perlu membayar uang seperti ketika Anda beriklan di media cetak, Anda cukup membuat sosial media, seperti instagram, twitter, atau facebook guna mempromosikan produk Anda ke khalayak luas. Selain dapat meningkatkan citra perusahaan, sosial media marketing disukai karena mudahnya komunikasi antara pedagang dan pembeli. Social media advertising juga termasuk ke dalam online advertising.
3. Online Advertising
Online Advertising adalah ketika Anda mengiklankan produk Anda di sebuah website, seperti display marketing, PPC, Youtube advertising, Social Media Advertising, dan masih banyak lagi. Walaupun tingkat keberhasilan online advertising jauh lebih menjanjikan karena dapat mengontrol konsumen karena mereka yang mengklik iklan tersebut, biaya yang dikeluarkan lebih mahal namun tidak semahal biaya iklan di luar ruangan seperti billboard, signage, booth, dan media iklan di televisi.
Dengan adanya digital marketing tersebut, Anda akan lebih mudah mendapatkan konsumen yang Anda inginkan. Serta, Anda akan lebih mudah mencapai target konsumen yang sudah Anda tentukan sejak awal. Anda dapat mengombinasikan jenis-jenis digital marketing tersebut untuk hasil yang lebih optimal dan juga agar Anda tidak tertinggal dari saingan bisnis Anda. Sekian dan terima kasih.
Leave a Reply
Want to join the discussion?Feel free to contribute!