Apa itu WHOIS Privacy Protection? Apakah Penting?

Apa itu WHOIS Privacy Protection? Apakah Penting?

Penyedia layanan hosting past memiliki fitur-fitur canggih yang ditawarkan kepada penggunanya. Salah satu fitur yang biasanya ada di layanan hosting adalah WHOIS Privacy Protection.

Apa itu WHOIS Privacy Protection? Nah untuk mengetahui pengertian dan fungsinya untuk website, simak pembahasan selengkapnya hanya di bawah ini ya! Tunggu apa lagi, langsung saja ke pembahasan berikut ini!

Apa itu WHOIS Privacy Protection?

WHOIS Protection merupakan fitur tambahan dari penyedia domain yang dapat melindungi semua informasi pribadi kamu. Informasi pribadi? Beul, saat mendaftarkan domain baru, semua orang diwajibkan mengisi detail informasi tentang pemilik website.

Tujuannya adalah mencegah kejahatan, seperti jika website melanggar hukum, maka pemiliknya dapat dilacak dan dijatuhi huuman yangs etimpal. Informasi pribadi tersebut akan disimpan di database WHOS yang bisa diakses oleh semua netizen dari seluruh dunia.

Tak peduli apakah mereka memiliki niat baik atau jahat, mereka bisa mengetahui nama, alamat, nomor telepon dan email. Tak percaya? Kamu bisa membuktikannya dengan mengunjungi website ini, kemudian masukkan alamat webste teman atau siapapun.

Setelah itu, tunggu beberapa detik dan kamu akan mendapatkan semua informasi pribadi milik website yang bisa kamu manfaatkan untuk apa saja. Cukup mengerikan juga ya?

Nah, karena itu kehadiran WHOIS Protection cukup membantu keamanan informasi tersebut. Karena tools ii dapat menyembunyikan semua data pribadi saat kamu mendaftarkan domain. Sehingga tak seorangpun yang bisa melihatnya, kecuali pihak berwajib.

Oh iya, kamu juga tak perlu repot-repot mencari dan mengaktifkan proteksi WHOIS secara manual. Karena, fitur ini akan secara otomatis aktif saat kamu sudah menyelesaikan pembayaran domain.

Mengapa Membutuhkan WHOIS Privacy Protection?

Ada beberapa alasan mengapa kamu membutuhkan fitur WHOIS, yaitu:

1. Data Pribadi WHOIS Memancing Banyak Spam

Mungkin kamu pernah mendapatkan SMS, atau pesan singkat berisi promosi mengenai produk yang tak jelas dan kadang jumlahnya ada banyak sekali. Efeknya? Cukup mengganggu, selain itu jika hacker menginstal virus di link pesan singkat tersebut, akibatnya?

Bisa dibilang akibatnya cukup merugikan, apabila mereka bisa mendapatkan data penting seperti nomor rekening beserta passwordnya.

2. Menjadi Sasaran Penipuan

Selain menanam link virus, dan lain sebagainya. Para penipu tersebut kadang mengirim pesan teror minta pulsa, promosi pinjaman online tanpa syarat, menang hadia tertentu, minta sumbangan untuk yayasan fiktif, hingga mendapatkan warisan dari pangeran India.

Cukup aneh bukan? Biasanya pelaku tersebut mengetahui identitas kamu, jadi mereka bisa dengan mudah mengirim pesan penipuan dengan tujuan untuk mendapatkan uang sebanyak mungkin.

3. Kompetitor Bisnis Bisa Memiliki Niat Jahat

Yang namanya kompetitor, tetaplah kompetitor. Jika kamu berbisnis secara sehat, kamu tak bisa menjamin kompetitor juga bersaing secara sehat. Karena itu, mereka kadang memanfaatkan informasi pribadi kamu untuk menjatuhkan bisnis.

Ya, memang terdengar berlebihan. Namun siapa dapat menjamin hal itu tak akan terjadi? Karena itu, kamu lebih baik mencegahnya dengan melindungi data pribadi menggunakan WHOIS Protection.

4. Harga Murah untuk Berbagai Manfaat yang Diberikan

Meskipun fitur ini memiliki manfaat yang cukup beragam, kamu pasti beranggapan jika harganya cukup mahal. Namun, ternyata tak semahal itu bahkan bisa dibilang murah loh guys.

Cukup dengan Rp 45 ribu/domain per tahun , kamu bisa melindungi orang terdekat, menghindari penipuan, seta melindungi website dari ancaman kejahatan lainnya. Kamu juga bisa menghemat waktu dan melakukan hal lain lebih berguna daripada menghapus Spam.

Sudah Mengerti Apa itu WHOIS Privacy Protection?

Nah guys, itulah pembahasan tentang WHOIS Privacy Protection. Fitur bawaan dari omain ini dapat melindungi data dan informasi pribadi yang dapat mengancam kesuksesan bisnis kamu. Meskipun manfaatnya cukup luar biasa, namun harganya sangatlah murah.

Jika kamu memiliki pertanyaan tentang WHOIS Protection jangan ragu untuk meninggalkan komentar dikotom yang sudah tersedia di bawah ya! Terimakasih, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *