Berikut ini adalah syarat dan ketentuan yang dibuat untuk melindungi baik klien maupun OPTION Studio selama dalam masa kerja sama.

1. Syarat & Ketentuan Umum

1.1 Hak dan Kepemilikan

Hak : seluruh hasil kerja yang dihasilkan oleh OPTION Studio menjadi hak eksklusif masing-masing klien. Namun, OPTION Studio masih dapat menggunakan desain-desain tersebut selama hanya sebatas keperluan promosi OPTION Studio. Adapun hak eksklusif yang dimaksud adalah:

      • Mempublikasikan desain.
      • Mendistribusikan salinan desain.
      • Mereproduksi desain.
      • Menyiapkan desain lain berdasarkan desain tersebut.

Kepemilikan : Klien berhak atas kepemilikan penuh dari desain akhir dan berlaku setelah klien melakukan pembayaran seluruh biaya yang telah disepakati.

1.2 Pembayaran

Pembayaran dilakukan sebanyak dua kali, yaitu 70 persen sebagai uang muka sebelum pekerjaan dimulai. Sisanya 30 persen dibayar setelah pekerjaan selesai dan sebelum file final kami serahkan kepada klien.

1.3 Pembatalan

Klien dapat melakukan pembatalan kerja sama pada saat proses pengerjaan desain berlangsung, dengan kepemilikan hak cipta pekerjaan tetap berada pada OPTION Studio. Uang muka yang telah diserahkan, tidak dapat dikembalikan. Dan klien akan dikenakan biaya pembatalan sesuai dengan tahap desain yang diselesaikan. Biaya pembatalan tidak akan melebihi total biaya desain yang telah disepakati. Apablia pembatalan dilakukan dari pihak OPTION Studio, klien akan mendapatkan kembali seluruh uang muka yang telah diberikan kepada OPTION Studio.

1.4 Batas Waktu Pengerjaan

Batas waktu (deadline) dihitung satu hari setelah pembayaran uang muka diterima oleh OPTION Studio. Masing-masing jasa desain memiliki batas waktu yang berbeda yang akan dicantumkan pada invoice pertama. Batas waktu yang dimaksud adalah batas waktu pengerjaan usulan desain. Setelah usulan desain kami serahkan kepada klien, dan klien memiliki catatan revisi, maka batas waktu pengerjaan revisi akan disepakati kemudian.

1.5 Revisi

Revisi/perbaikan desain dilakukan selama tidak mengubah desain yang telah kami tawarkan secara menyeluruh, tidak membuat desain baru atau maksimal revisi sebesar 40 persen. Dalam hal ini OPTION Studio berhak menentukan secara sepihak apakah revisi yang diinginkan klien masih berada dalam ketentuan tersebut atau tidak. Revisi yang dimaksud adalah revisi yang berkaitan dengan teks, warna, gambar/ilustrasi dan/atau tata letak. Adapun revisi desain dapat dilakukan sebanyak dua kali korespondensi (klien memberikan feedback sebanyak dua kali), tergantung jenis jasa desain yang dipesan. Untuk itu kami memberikan waktu kepada klien maksimal tiga hari untuk memberikan feedback 1 dan maksimal dua hari untuk memberikan feedback 2. Di mana jangka waktu revisi setelah masing-masing feedback tergantung dari revisi yang diinginkan. Guna memudahkan proses revisi, kami akan memberikan formulir revisi kepada klien.

2. Syarat & Ketentuan Jasa Desain Grafis.

2. 1 Contoh Desain dan Materi

Contoh desain : Klien dapat memberikan contoh desain yang diinginkan sebagai sumber referensi. OPTION Studio dapat mengolah dan menggunakan contoh desain tersebut pada proses pengerjaan desain.

Materi : Klien wajib memberikan materi penunjang seperti teks, foto dan sebagainya jika diperlukan. OPTION Studio tidak bertanggung jawab atas materi penunjang tersebut jika di kemudian hari terdapat sengketa.

3. Syarat & Ketentuan Jasa Pembuatan Website.

3.1 Hak Klaim Domain

Nama Domain 100% Milik Klien. Klien dapat kapan saja mengambil Alih/Transfer Domain.

3.2 Hak Hosting

Klien berhak atas Data login cPanel/Hosting. Kami akan memberikan akses kedalam cPanel.

3.3 Pembuatan Konten

Harap diperhatikan kembali sebelum membeli paket website, karena tidak semua paket termasuk pembuatan konten. Harap diperhatikan juga bagi website yang membeli paket website yang termasuk konten karena kami hanya membantu membuatkan konten dengan batasan tertentu.

4. Syarat & Ketentuan Jasa Digital Marketing.

5. Syarat & Ketentuan Jasa Cetak Digital & Offset.

6. Syarat & Ketentuan Lainnya.

6.1 Force Majeure

Force majeure adalah suatu keadaan yang ada di luar kemampuan. Misalnya bencana alam, banjir, badai, yang dinyatakan oleh Pemerintah sebagai bencana alam, huru hara, kebakaran, sabotase, peperangan, epidemi dan kepatuhan terhadap pelaksanaan perundang-undangan. Tidak termasuk force majeure, hal-hal yang diakibatkan oleh kelalaian, kelupaan, kecerobohan dan atau ketidakpatuhan terhadap pelaksanaan peraturan.

Apabila OPTION Studio dan Klien mengalami force majeur maka OPTION Studio dan Klien akan memberitahukan melalui kontak klien segera setelah mengalami force majeure selambat-lambatnya 2 x 24jam sejak force majeure terjadi dengan memberikan penjelasan dan perkiraan dimulainya kembali pelaksanaan ketentuan Perjanjian.

6.2 Konsensus

Sebuah dokumen yang berisi syarat dan kondisi di atas akan diberikan melalui e-mail bersama dengan invoice pertama. Dengan menggunakan jasa desain OPTION Studio dan selama bekerja sama, syarat dan kondisi ini berlaku secara otomatis.

6.3 Perubahan Ketentuan

Grapiku dapat merevisi syarat dan ketentuan ini dari waktu ke waktu dengan memposting versi baru dokumen ini di situs web kami.