Berikut ini adalah ketentuan yang dibuat untuk melindungi baik klien maupun OPTION Grafis selama dalam masa kerja sama.

Hak dan Kepemilikan

Hak : seluruh desain yang dihasilkan oleh OPTION Grafis menjadi hak eksklusif masing-masing klien. Namun, OPTION Grafis masih dapat menggunakan desain-desain tersebut selama hanya sebatas keperluan promosi OPTION Grafis. Adapun hak eksklusif yang dimaksud adalah:

  • Memublikasikan desain.
  • Mendistribusikan salinan desain.
  • Mereproduksi desain.
  • Menyiapkan desain lain berdasarkan desain tersebut.

Kepemilikan : Klien berhak atas kepemilikan penuh dari desain akhir dan berlaku setelah klien melakukan pembayaran seluruh biaya yang telah disepakati.

Pembayaran

Pembayaran dilakukan sebanyak dua kali, yaitu 50 persen sebagai uang muka sebelum pekerjaan dimulai. Sisanya 50 persen dibayar setelah pekerjaan selesai dan sebelum file desain final kami serahkan kepada klien.

Keterlambatan Pembayaran

Uang muka dibayarkan paling lambat 7 hari kerja setelah invoice pertama kami sampaikan kepada klien. Jika dalam jangka waktu tersebut klien tidak melakukan pembayaran, maka kerja sama kami anggap batal. Biaya pelunasan dibayarkan paling lambat 7 hari kerja setelah pekerjaan selesai dan invoice kedua kami sampaikan. Jika dalam jangka waktu tersebut klien belum melakukan pelunasan, maka kami akan mengenakan biaya “keterlambatan pembayaran” sebesar 5 persen dari sisa pembayaran. Biaya “keterlambatan pembayaran” ini kami kenakan setiap 7 hari keterlambatan pembayaran.

Pembatalan

Klien dapat melakukan pembatalan kerja sama pada saat proses pengerjaan desain berlangsung, dengan kepemilikan hak cipta desain tetap berada pada OPTION Grafis. Uang muka yang telah diserahkan, tidak dapat dikembalikan. Dan klien akan dikenakan biaya pembatalan sesuai dengan tahap desain yang diselesaikan. Biaya pembatalan tidak akan melebihi total biaya desain yang telah disepakati. Apablia pembatalan dilakukan dari pihak OPTION Grafis, klien akan mendapatkan kembali seluruh uang muka yang telah diberikan kepada OPTION Grafis.

Batas Waktu Pengerjaan

Batas waktu (deadline) dihitung satu hari setelah pembayaran uang muka diterima oleh OPTION Grafis. Masing-masing jasa desain memiliki batas waktu yang berbeda yang akan dicantumkan pada invoice pertama. Batas waktu yang dimaksud adalah batas waktu pengerjaan usulan desain. Setelah usulan desain kami serahkan kepada klien, dan klien memiliki catatan revisi, maka batas waktu pengerjaan revisi akan disepakati kemudian.

Revisi

Revisi/perbaikan desain dilakukan selama tidak mengubah desain yang telah kami tawarkan secara menyeluruh, tidak membuat desain baru atau maksimal revisi sebesar 40 persen. Dalam hal ini OPTION Grafis berhak menentukan secara sepihak apakah revisi yang diinginkan klien masih berada dalam ketentuan tersebut atau tidak. Revisi yang dimaksud adalah revisi yang berkaitan dengan teks, warna, gambar/ilustrasi dan/atau tata letak. Adapun revisi desain dapat dilakukan sebanyak dua kali korespondensi (klien memberikan feedback sebanyak dua kali), tergantung jenis jasa desain yang dipesan. Untuk itu kami memberikan waktu kepada klien maksimal tiga hari untuk memberikan feedback 1 dan maksimal dua hari untuk memberikan feedback 2. Di mana jangka waktu revisi setelah masing-masing feedback tergantung dari revisi yang diinginkan. Guna memudahkan proses revisi, kami akan memberikan formulir revisi kepada klien.

Keterlambatan Pengerjaan

Klien akan mendapatkan kompensasi keterlambatan pengerjaan sebesar 2 persen per hari dari total biaya yang telah disepakati. Nilai kompensasi ini akan dihitung sebagai diskon pada invoice kedua. Adapun nilai maksimum keterlambatan pengerjaan adalah sebesar 50 persen total biaya.

Contoh Desain dan Materi

Contoh desain : Klien dapat memberikan contoh desain yang diinginkan sebagai sumber referensi. OPTION Grafis dapat mengolah dan menggunakan contoh desain tersebut pada proses pengerjaan desain.

Materi : Klien wajib memberikan materi penunjang seperti teks, foto dan sebagainya jika diperlukan. OPTION Grafis tidak bertanggung jawab atas materi penunjang tersebut jika di kemudian hari terdapat sengketa.

Keperluan Promosi

OPTION Grafis memiliki hak menggunakan desain akhir untuk keperluan portofolio, publikasi, iklan atau tujuan promosi lainnya.

Konsensus

Sebuah dokumen yang berisi syarat dan kondisi di atas akan diberikan melalui e-mail bersama dengan invoice pertama. Dengan menggunakan jasa desain OPTION Grafis dan selama bekerja sama, syarat dan kondisi ini berlaku secara otomatis.