Tips Keuangan untuk Pengusaha Baru

Tips Keuangan untuk Pengusaha Baru ketika Anda mempunyai atau memulai sebuah usaha yang baru, tentunya faktor finansial menjadi hal yang penting karena faktor ini dapat menentukan kesuksesan bisnis yang baru Anda mulai. Sebagai seorang pemula, Anda tentunya harus dapat mengelola keuangan dengan baik agar tidak bangkrut atau gagal di tahun pertama Anda membuka usaha. Sebelum memulai sebuah usaha, ada baiknya ada mulai menabung atau mengatur anggaran sebagai seorang pengusaha. Pengelolaan keuangan bisnis lebih dari sekadar menyimpan seperangkat buku yang berhubungan dengan anggaran serta menjaga agar keuangan tetap seimbang. Pengelolaan keuangan adalah bagaimana Anda dapat mengelola keuangan bisnis dengan baik namun tetap siap untuk semua keperluan mendadak yang harus mengeluarkan uang, serta distribusi keuangan. Sebuah perusahaan yang memiliki penjualan yang baik namun memiliki pengelolaan keuangan yang buruk maka bukan tidak mungkin perusahaan tersebut akan gagal. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan jika Anda ingin memulai usaha baru.

1. Pisahkan Keuangan Perusahaan dengan Keuangan Personal

Hal ini seringkali diabaikan oleh pemula dalam menjalankan usahanya. Mereka selalu berpikir bahwa usaha mereka masih terlalu kecil sehingga tidak perlu memisahkan antara keuangan untuk perusahaan mereka dan keuangan personal mereka. Padahal, hal tersebut dapat berakibat fatal dan dapat mengganggu arus kas usaha karena dengan mencampurkan kedua keuangan tersebut, Anda akan bingung dengan pengeluaran dan pemasukan usaha. Oleh karena itu, sekecil atau sebaru apapun usahamu, pisahkan antara keuangan personal milik Anda dan milik perusahaan, sehingga Anda akan dengan mudah mencatat pemasukan dan pengeluaran keuangan perusahaan Anda.

2. Tentukan Modal yang Akan Digunakan untuk Modal Usaha

Tentukan beberapa hal yang penting, seperti berapa yang akan digunakan untuk operasional usaha, laba yang kamu tentukan, cadangan kas usaha. Biasanya, besarnya ketiga hal tersebut tergantung dari masing-masing pengusaha. Namun, hal tersebut penting karena dapat membantu Anda mengelola keuangan perusahaan Anda dengan baik dan tepat.

3. Awasi arus kas keuangan

Ketika menjalankan sebuah usaha, arus kas keuangan adalah hal yang sangat penting untuk diawasi. Pengawasan ini bisa dikatakan sangat sulit karena dibutuhkan ketelitian yang tinggi agar tidak ada yang miss atau yang terlewat. Jika ada yang miss, hal tersebut sangat berbahaya karena dapat memengaruhi keuangan perusahaan di masa depan. Jika Anda merasa kesulitan, Anda dapat mempekerjakan seseorang yang ahli di bidang tersebut, namun jika dirasa terlalu mahal karena harus mengeluarkan uang untuk menggaji, Anda dapat menggunakan software yang ada di internet.

Sekian tips yang dapat digunakan untuk kalian yang ingin merintis usaha baru. Pada dasarnya, usaha yang sukses berawal dari orang yang bekerja keras dan pantang menyerah untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *